Taman Ide?

Pada 11 Januari 2011 Taman Ide dideklarasikan di Bandung dan resmi menjadi lembaga pada 22 Maret 2011. Misinya adalah menghasilkan produk-produk media yang berisi analisis dan gagasan-gagasan hasil riset sosial budaya, berjejaring dengan komunitas dalam masyarakat Indonesia dan bersama-sama ikut serta dalam kehidupan bermedia, dan mewujudkan masyarakat yang memiliki kesadaran dan keterampilan bermedia yang setara.

Pegiat: Luthfi Adam, Leoni Rahmawati, Sandi Jaya Saputra, Laurs Oscar Osman, Idhar Resmadi, M. Ilham Fauzi, Syifa Charisti, Budhi Hermanto, Yoggi Herdani, Muzayin Nazaruddin.

Program:

Pendidikan Media: Workshop, Seminar, Diskusi dan kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam budaya media. Saat ini Taman Ide tengah menjalankan program Kompetisi dan Workshop Film Dokumenter “Kreatif Mendidik Anak Bangsa” bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Nasional dan beberapa pihak lainnya.

Media Action: pembuatan karya media (film, foto, multimedia dll) berbasis riset sosial budaya. Saat ini Taman Ide tengah mendorong Laurs Oscar Osman dan Sandi Jaya Saputra dalam pembuatan karya film dan fotografi mengenai kebudayaan masyarakat urban Bandung.

Indocumentary: pembuatan, pengoleksian dan screening/pameran karya-karya dokumenter tentang Indonesia. Semua program di Taman Ide akan menghasilkan produk media yang bisa dipublikasikan ke publik.

Program-program Taman Ide terbuka bagi kontribusi berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi. Sifat program-program Taman Ide adalah nonprofit.

CP: Luthfi Adam (085624637700), Leoni Rahmawati (082124382000)

Alamat: Jalan Demak 35 (Demak House) Antapani, Bandung

Blog Taman Ide adalah ruang berbagi kritik media, tulisan-tulisan tema humaniora dan gagasan untuk riset dan pengembangan budaya media. Blog Taman Ide terbuka bagi keikutsertaan pribadi maupun kelompok dalam meramaikan diskusi mengenai tema-tema diatas. Untuk mengirim tulisan bisa ke tamanide@gmail.com. Atau via facebook Luthfi Adam dan Leoni Rahmawati. Follow twitter @tamanide.

Leave a comment